Welcome..!!!

Selamat datang di dunia inspirasi anda. Anda mungkin akan mendapatkan banyak inspirasi dari bacaan-bacaan berikut ini. Bukan bermaksud untuk menggurui tetapi semata-mata sebagai masukan, semoga bermanfaat.
Selamat membaca!!


Ketik di kotak bawah ini!



Senin, 14 November 2011

Pengantar Ekonomi


Black market menurut pengertian versi Wikipedia berikut ini.
All commerce on which applicable taxes are being evaded. The market includes not only legally-prihibited commerce (for example, drugs, prostitution, and gambling activities that are illegal in some locales), but also trade in legal goods and services because some income is not reported and consequently taxation is evaded.
Semua perdagangan di mana pajak yang berlaku sedang dihindari. Pasar tidak hanya mencakup hukum-prihibited commerce (misalnya, obat, prostitusi, perjudian dan kegiatan yang ilegal di beberapa Lokal), tetapi juga perdagangan barang dan jasa karena hukum beberapa pendapatan tidak dilaporkan dan akibatnya pajak yang dihindari.
Pasar gelap ialah sektor kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi ekonomi ilegal, khususnya pembelian dan penjualan barang dagangan secara tak sah. Barang-barangnya sendiri bisa ilegal, seperti penjualan senjata atau obat-obatan terlarang; barang dagangan bisa curian; atau barang dagangan barangkali sebaliknya merupakan barang resmi yang dijual secara gelap untuk menghindari pembayaran pajak atau syarat lisensi, seperti rokok atau senjata api tak terdaftar. Disebut demikian karena urusan "ekonomi gelap" atau "pasar gelap" dilakukan di luar hukum, dan perlu diadakan "dalam kegelapan", di luar penglihatan hukum. Pasar gelap dikatakan berkembang saat pembatasan tempat negara pada produksi atau syarat barang dan layanan yang berasal dari konflik dengan permintaan pasar. Pasar-pasar itu berhasil baik, kemudian, saat pembatasan negara makin berat, seperti selama pelarangan atau pendistribusian. Bagaimanapun, pasar gelap secara normal hadir dalam ekonomi kapitalisme maupun sosialisme. Istilah pasar gelap dalam bahasa inggris dikenal dengan illicit trade (dulu illegal trade, sekarang berusaha untuk dihapus karena tidak sesuai)(Wikipedia.com)
Dari definisi diatas,dapat ditarik kesimpulan bahwa pasar gelap alias black market terletak pada transaksi jual beli yang dilakukan secara selundup-selundup agar terhindar dari pajak. definisi diatas masih terbuka bagi perspektif baru. Karena setiap definisi yang dibangun bisa bermuatan lokal dan sesuai konteks yang ada. Namun , lebih membidik pada praktek penyelundupan dalam proses transaksi perniagaan.
Black market pada definisi diatas cankupannya sangat luas. Misalnya saja, berkaitan dengan penjualan narkoba, karena perniagaan ini dilarang oleh negara. Maka ketika perniagaan yang dilarang ini tetap berjalan, ia sudah termasuk black market.
Contoh lain dari ekplorasi black market adalah pengiriman TKI ke luar negeri, dalam prosesnya, praktek-praktek penyelundupan, pemalsuan berkas-berkas dan data-data bisa saja terjadi.Sehingga, pasar gelap atau black market tidak hanya berfokus pada masalah maslah lokal saja,tetapi dalam penerapannya,black market mempunyai pengertian yang begitu luas,
 Kelebihan dan Kekurangan Black Market :
1.      Harga barang :
      Harga barang yang ditawarkan di Pasar gelap cukup beragam,tetapi karena barangnya yang relative illegal,membuat penjual memasang target harga yang lebih tinggi dari harga normal.Barang yang di tawarkan adalah barang barang yang sulit di dapat di pasaran.oleh karena itu,para penjual biasanya mendapatkan keuntungan yang lebih dari penjualan barang dengan harga yang relative mahal karena keterbatasan tempat dan barang yang ada. 
      sehingga,dengan ini,para pembeli,rela untuk mengeluarkan uang yang lebih untuk mendapatkan barang yang ditawarkan karena keterbatasan barang yang ada dan tidak d perjualbelikan secara umum di pasar.
2.  Keamanan
     transaksi yang terjadi di Black Market ( Pasar Gelap) mempunyai konsekuensi yang sangat besar dibandingkan dengan pasar biasa,Karena sifatnya yang tdak sah/ ilegal ,maka secara langsung,sebenarnya pasar gelap itu dilarang oleh peraturan perundang undangan yang ada, Apabila ,modus transaksi penawaran dan pembelian ini di ketahui oleh pihak yang berwenang,maka para pelakunya,baik penjual atau pembeli akan mendapatkan sangki yang cukup berat.
3. Keuntungan
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar