Welcome..!!!

Selamat datang di dunia inspirasi anda. Anda mungkin akan mendapatkan banyak inspirasi dari bacaan-bacaan berikut ini. Bukan bermaksud untuk menggurui tetapi semata-mata sebagai masukan, semoga bermanfaat.
Selamat membaca!!


Ketik di kotak bawah ini!



Minggu, 11 Desember 2011

PENGANTA BISNIS

MAKALAH BISNIS


Dengan tema :

”PENGETAHUAN BISNIS MEMBENTUK KARAKTER ATAU PRIBADI YANG MANDIRI UNTUK BERWIRAUSAHA”









Membuka Usaha Bisnis Warung Makan Soto Sapi dan Ayam Khas Boyolali di sekitar kampus Universitas Negeri Semarang , memanfaatkan ilmu yang didapat dari mata kuliah Pengantar Bisnis.



Disusun oleh :

Tri Widarwati ( 7101411075)

Pendidikan Akuntansi A 2011



Universitas Negeri Semarang

2011

BAB I

PENDAHULUAN

1. Hakikat perkuliahan pengantar Bisnis

# PROSES PRODUKSI

Adalah serangkaian tugas yang digunakan sumber daya untuk memperoleh barang dan jasa

Sumber daya yang dipakai dalam proses produksi antara lain

 SDM : Perlu identifikasi tipe karyawan yang dibutuhkan karyawan yang terampil , biaya operasi untuk upah

 Bahan baku

 Sumber daya lain seperti gedung, mesin, perlengkapan

Manajemen produksi akan lebih efisien dengan menentukan jumlah bahan yang tepat , campuran sumber daya yang tepat, pembagian tugas yang benar dan urutan tugas yang benar.































# HUBUNGAN MANAJEMEN PRODUKSI DENGAN NILAI PERUSAHAAN





Jumlah SDM









Jumlah MESIN





JUMLAH PERSEDIAAN







MANAJEMEN PRODUKSI PERUSAHAAN





















PENGAWASAN PERUSAHAAN





PENGHASILAN PERUSAHAAN NILAI PERUSAHAAN





# KEPUTUSAN PENTING DALAM MANAJEMEN PRODUKSI

 Memilih lokasi

 Memilih rancangan dan Tata Letak

 Pengawasan Produksi



Adapun dalam memilih lokasi ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan antara lain ;

 Biaya ruang kerja

 Biaya tenaga kerja

 Insentif pajak

 Permintaan

 Transportasi

 Ketersediaan Tenaga Kerja

 Tingkat Kejahatan



Evaluasi kemungkinan lokasi

 Caranya dengan memberi bobot sesuai pentingnya :faktor- faktor yang akan memperngaruhi aktivitasnya. Faktor faktor yang mempengaruhi tata letak dan rancangan.



# PEMBELIAN BAHAN BAKU

 Memilih pemasok harus mwemperhatikan kharakteristik seperti harga, kualitas, kecepatan, layanan & ketersediaan kredit

 Memperoleh diskon harga menrut volume

 Menyerahkan produksi kepada Pemasok -> Produsen

 Outsourching: membeli komponen dari pemasok

 De integrasi : strategi menyerahkan beberapa Tugas.



# JENIS DAN TATA LETAK PERUSAHAAN

 Terikat pada alam

 Berdasarkan Sejarah

 Ditentukan pemerintah

 Pengaruh faktor faktor ekonomi

 Dekat dengan bahan baku

 Dekat dengan pasar

 Dekat dengan pemasok

 Dekat dengan tenaga kerja

 Dekat dengan penyediaan sumber tenaga

 Ongkost transport

 Besarnya modal

 Iklim











































BAB II

ISI

1. Membentuk jiwa wirausaha

Berdasarkan ilmu yang saya dapatkan dari mata kuliah yang saya ambil, terutama dari mata kuliah pengantar bisnis. Saya mempunyai ide untuk membangun sebuah warung makan soto sapi khas Boyolali. Dimana Are yang menjadi tujuan kami adalah wilayah lingkungan kampus Konservasi UNNES.

Ide tersebut lahir, saat kami sekeluarga berkunjung ke warung soto Mbok Giyem, yang terletak di dekat pasar Sunggingan, Boyolali. Saat itu kami sekeluarga, melepas penat dan makan di warung makan tersebut. Rasa sotonya terasa sedap sekali, apalagi dengan rasa dagingnya yang sangat lezat. Dan kamipun pulang, kemudian berbincang bincang di mobil. Terlintas dibenak kami untuk membangun usaha yaitu Warung makan SOTO SAPI dan AYAM khas Boyolali.

Karena kakak laki laki saya berdolmisili di gunung pati dan saya oun juga, sekaligus kami melihat peluang yang ada di UNNES, maka kami berbiat mendirikan usah bisnis baru, di wilayah in, melihat dengan kondisi lingkungannya yang sangat menjanjikan.

Awalnya, kami agak ragu untuk memulai usaha itu. Tetapi, karena memiliki kenyataan yang ada sekarang dan beberapamotif yang menguatkan niat kami, antara lain

1) Gaji seorang pegawai pabrik yang hanya cukup untuk memnuhi kebutuhan sehari hari saja,dan kita haru s berfikir pikir dulu untuk membeli barang barang sekunder,, karena kita lebih mementingksn utnuk membeli barang barang primernya terlebih dahulu. Kita harus mengumpulkan uang , menabung selama bertahun tahun untuk membeli barang yang mewah.

2) Alasan yang kedua adalah kurang nyamannya kita apabila kita bekerja untuk orang lain, apalagi bekerja pada perusahaan.. Minimnya tingkat kesejahteraan dan kenyamanan buruh pabrik membuat kita menjadi berpikir pikir untuk kedua kalinya. Kerja keras mereka dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore hanya dibayar dengan upah yang tidak seberapa dan terkadang masih seringnya kita mendapat teguran atau bahkan kata kata kasar dari sang mandor atau atasan.

3) Alasan yang ketiga. Ibu mertua kakak saya, jago sekali dalam hal memasak. Apalagi masakan dalam memasak soto sapi atau ayam. Menurut kami, rasa masakan beliau lebih sedap dan tidak kalah lezat dengan soto MBOK GIYEM yang notabene telah membuka cabang cabang di sebagian besar wilayah karesidenan Surakarta.

Maka , Muncuk dalam benak kami, kelak kakak saya meminta resep dari beliau, dan meneruskannya dengan ,membuka warung makan soto.



4) Alasan selanjutnya, bahwa telah banyak ilmu yang telah saya dapatkan di kampus.Keterampilan dan resiko resiko yang akn dihadapi dalam membuka usah merupakan hal yang wajar saja terjadi. Mata Kuliah Pengantar Bisnis memberi saya banyak ilmu, untuk di aplikasikan dalam kehidupan yang sebenarnya.



Dalam membuka Usaha memang banyak resiko dan tantangan yang akan kita hadapi, Untung dan Rugi itu adalah masalah nanti. Dalam memulai bisnis baru kita harus selalu berpikir positif. Yang terpenting dan yang utama adalah kita harus mempunyai mimpi. Mimpi itu gratis, Mimpi itu tidak mahal.Mimpi membawa kita pada harapan, dan harapan yang kita raih itu akan membawa kita pada kebahagiaan.











RUMUS MIMPI SAYA ADALAH;



SUKSES + KAYA = JAYA!!



Artinya, dengan sukses kita akan menjadi kaya. Dengan Sukses dan kaya berarti kita kan menjajdi jaya. Jaya dalam artian disini adalah kita bisa membantu sesama denagn keberhasilan kita tersebut.



I. SUMBER DAYA YANG DIPAKAI DALAM PRODUKSI

(i) SDM ( sumber daya manusia)

Karena bisnis yang saya akan kita dirikan ini adalah bisnis keluarga dan merupakan bisnis baru dan kecil, maka karyawan yang akan bekerja adalah keluarga kami sendiri.Keluarga kami sendirilah yang akan meng-handle semua kegiatan operasi usahanya.

1. Kaka perempuan saya yang pertama akan menjadi karyawan dalam bidang pengolahan produksi, yaitu dalam hal membuat dan menyiapkan masakan yang akan kami jual, dan tentunya menggunakan resep dari mertuanya.

2. Kakak perempuan saya yang kedua akan bekerja di dalam manajemen keuangan dan sekaligus melayani pemesanan makanan dan minuman.

3. Kakak laki laki saya, yang dalam kenyataannya tidak bisa membantu dan turun di lapangan , hanya bisa membantu dalam hal pencarian modal dan tempat dimana usaha kami akan dibangun.

4. Dan bagian saya adalah, bagian pomosi dan pemasarannya

(ii) BAHAN BAKU

Untuk semua bahan baku yang kami perlukan, kami merencanakan untuk pertama kalinya kami membeli di pasa tradisional Boyolali dan semua bahan bakunya akan dibawa dibarengi dengan hari pertama dibukanya bisnis kami.

Untuk pembelian bahan baku selanjutnya, kami akan membeli di pasar terdekat saja, seperti pasa JOHAR yang notabene lebih dekat dan lebih murah dibandingkan dengan pasar daerah kami yang jauh dan akan tidak efektif dan efisien apabila membeli bahan baku disana terus menerus.

Untuk pembelian bahan baku setelah itu, kami merencanakan agar membeli dari pemasok saja.Dakam hal ini, kita harus pintar pintar memilih pe,masok bahan baku yang baik. Kita harus memperhatikan kharakteristik seperti harga, kualitas, kecepatan, layanan, dan ketersediaan kredit. Sehingga, kegiatan produksiakan berjalan lebih lancar dan efektif.



(iii) SUMBER DAYA LAIN ; gedung, mesin dan perlengkapan

Untuk perlengkapan dan mesinyang simple simple atau sederhana, kami merencanakan untuk membeli dari pasar dekat daerah BOYOLALI.

Dan Gedung yang kami gunakan di harapkan mempunyai tingkat kenyamanan yang tinggi dan higienis, sehingga pembeli juga akan merasa puas dan nyaman sekaligus betah berkunjung di warung makan kami.



 Rencana pertama yang kami lakukan adalah

 Mencari modal,

Karena dana untuk membangun usaha itu juga tidak sedikit , maka kami berniat mencari dana pengkreditan rakyat dengan mempertimbangkan tingkat suku bungan yang ditawarkan.

 Mencari lokasi tempat usaha

Memperhatikan kharakteristik lokasi dan faktor – faktor lain yang memperngaruhi tata letak & ruangan.

Jenis tat letak usaha yang akan kami dirikan adalah: Dekat dengan Kampus UNNES, dekat dengan Kost kostan mahasiswa, dan tentunya berada di wilayah yang strategis.

2. Refleksi diri

a. Tanggapan

Membuka usaha memang terkadang membutuhkan banyak persiapan yang maksimal dan modal yang besar. Akn tetapi, semua hal itu harus diimbangi dengan niat dan usaha yang lebih, sikap pantang menyerah, dan selalu fokus pada tujuan yang ingin dicapai.



Pertama tama kita memang akan berhadapan pada masalah masalah yang cukup berat seperti masih sedikitnya jumlah pelanggan, sampai kerugianyang akan kita lami pada awal awal usah bisnis dibuka.



Maka dari itu, kita juga harussemakin giat meningkatkan kegiatan promosi dan pemasarannya. Banyak hal yang dapat kita ambil dalam meningkatkan daya tarik pembeli akan usaha kita. Misalnya,memberi iskon pada pembeli yang sering berkunjung, atau juga memberi kupon makan gratis yang dapat ditukarkan untuk hari selanjutnya, memasang pamflet pamflet atau brosur akan usaha baru tersebut, dan tentunya masih banyak lagi kiat kiat meningkatkan proses kelancaran penjualan.



Perlu upaya dan kerja keras, agar bisnis yang kita jalankan ini berbuah manis pada akhirnya dan tentunya sesuai harapan. Terkadang kita jatuh dan harus mulai dari bawah untuk bisa sampai di atas.

b. Manfaat Berwirausaha

a. menambah lapangan kerja

b. mempunyai peluang untuk mengoptimalkan diri, karena dengan berwirausaha diri kita akan terpacu untuk menjadi lebih baik dari yang sekarang ini.

c. adanya peluang untuk mencapai keuntungan dengan maksimal yang semuanya di dapat dari hasil kerja keras kita.

d. menunjukan bahwa diri kita mampu menjadi pemimpin, yang dapat memanaj semua aspek-aspek perusahaan

e. mempunyai peluang untuk dapat membantu masyarakat dengan usaha yang konkret atau jelas kegiatan usahanya.

Tantangan yang dialami oleh para wirausahaan :

a. memperoleh pendapatan yang tidak menentu, karena pendapatan yang didapat tergantung pada fluktuasi permintaan pelanggan yang diperkirakan tidak tetap.

b. segala resiko yang terjadi dipikul oleh mereka.

c. wirausahawan dituntut bekerja keras.

d. wirausahawan dituntut menghemat pengeluaran, memperbesar pendapatan.

Keistimewaan yang dimiliki Wirausahawan dalam pribadinya :

1. Kemampuan yang tinggi dalam menganalisis

2. Dapat membangun Net Working

3. Menjalin Hubungan

4. Pintar dalam Bernegosiasi

5. Mengetahui situasi penjualan

6. Mengelola Finansial



Langkah-langkah yang harus dikembangkan untuk menjadi wirausahawan :

1. Spirit Process ; bakat penunjang dalam diri kita, memacu semangat dalam mencapai keberhasilan.

a. Personal : ide yang didukung oleh teman, famili, pengalaman dan umur.

b. Lingkungan : keadaan ekonomi, lapangan kerja, SDM yang banyak tersedia, dan beberapa peraturan pemerintah.

2. Innovation Process ; pengembangan ide kreatif, dan mempunyai penemuan-penemuan dalam berwirausaha, atau peluang yang dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha.

a. Personal : keinginan untuk berprestasi, dan pendidikan.

b. Lingkungan : adanya peluang dan ide kreatif dalam mengembangkan hal-hal baru.

3. Trigenering Event Process ; pemicu dari keinginan mereka untuk membuka usaha sendiri.

a. Personal : ketidakpuasan akan penghasilan yang didapat dari perusahaan tempat dimana mereka bekerja, PHK, tidak adanya pekerjaan lain yang dapat dikerjakan

b. Lingkungan :persaingan, modal dan bangunan strategis.

4. Implementation Process ; proses dari sebuah pelaksanaan yang didapat.

a. Personel :

- Kesiapan mental yang tegar dan mantap

- Mempunyai visi dan misi yang dibawa untuk masa depan yang akan dicapai.

- Mempunyai Komitmen yang tinggi.

b. Environment : tersedianya manajer pembantu sebagai asisten dalam membantu memenej semuanya dan SDM yang capable

5. Growth Process ; proses untuk menumbuhkembangkan perusahaan.

a. Personal : produk yang baik, organisasi yang kuat, lokasi yang strategis, feature produk, didukung oleh marketing-marketing yang professional.

b. Environment : unsur persaingan yang sehat peran serta konsumen dan pemasok yang partial, investor dan kebijakan pemerintah yang mendukung







































BAB III

PENUTUP

1. Kesimpulan

Pelajaran mata kuliah pengantar bisnis memberi kami ilmu dan daya pikir kreatif dengan menumbuhkan jiwa enterpreneurship yang unggul. Dengan adanya daya pikir ini,kita dibantu utnuk berfikir logis dan rasional akan perkembangan 5-10 th yang akan datang, dan mungkin akan berkebalikan dengan pandangan kita saat ini. Tidak selamanya, kita yang notabene adalah mahasiswa jalur pendidikan akan begitu mudahnya mendapatkan pekerjaan sebagai pendidik dan menjadi seorang pendidik yang menanti datangnya sertifikasi. Tidak selamanya , pendidik di Indonesia akan mendapatkan tingkat kesejahteraan tinggi seperti yang kita harapkan. Namun tidak menutup kemungkinan, Bahwa menjadi wirausaha akan menjadi pekerjaan sambilan yang akan menguntungkan kita, dan kita tidak melupakan tujuan kita yang pada intinya ingin menjadi seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

Kita harus mengambil segi positif dari seorang enterpreneurship itu sendiri. Dengan jalan berwirausaha, kita akan dituntut menjadi manusia yang inovatif dan kreatif, selalu berusaha menciptakan sesuatu yang baru. Selain itu, apabila kita menjalankan bisnis ini, dengan sebaik baiknya, dan berhasil, keuntungan dan penghasilan kita yang besar akan menjadikan kita kedalam kesejahteraan yang sesungguhnya.

2. Saran

Universitas negeri semarang adalah Kampus konservasi pertama di Indonesia.Lingkungan kampus yang hijau, rindang dan teduh mebuat warga kampus yang berada di dalamnya menjadi sangat nyaman dan betah untuk berada di dalam kampus.

Gelar yang didapat itu, tentunya menajadi tanggung jawab yang harus dijaga baik baik oleh pihak UNNES.

Wilayah UNNES, memang bersih, tetapi bagaimana dengan keadaan lingkungannya?. Dan hal inilah yang terkadang membuat kita ,mengelus dada. Kenyataan yang ada, menunjukkan bahwa keadaan berkebalikan dengan kondis kampus yang hijau itu. Berjubelnya kos kosan dan toko toko yang bertebaran di sekitar kampus mewarnai kehidupan UNNES sekarang. Mereka seolah olah tidak mau direpotkan dengan nama UNNES sekarang sebagai KAMPUS KONSERVASI.

Maka dari itu, kita sebagai warga kampus yang baik, seharusnya mendukung UNNES dengan nama barunya tersebut. Jargon jargon yang sudah ada di UNNES, seharusnya tidak saja ditujukan kepada warga internal kampus, akan tetapi juga harus mengena di hati masyarakat sekitarnyaa.Kita harus merangkul masyarakat, terutama dalam menjunjung jiwa kebersihan dan melestarikan GO- GREEN, sehingga lingkungan kampus benar benar dapat menunjukkan citra Kampus Konservasi.





























DAFTAR PUSTAKA





http://stiedewantara.blogspot.com/2008/04/manfaat-dan-tantangan-berwirausaha.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar