Welcome..!!!

Selamat datang di dunia inspirasi anda. Anda mungkin akan mendapatkan banyak inspirasi dari bacaan-bacaan berikut ini. Bukan bermaksud untuk menggurui tetapi semata-mata sebagai masukan, semoga bermanfaat.
Selamat membaca!!


Ketik di kotak bawah ini!



Kamis, 10 November 2011

http://itsme231019.wordpress.com/2007/12/15/black-market-apa-sih-maksudnya/

Black Market, apa sih maksudnya?

Posted by: itsme231019 on: December 15, 2007
gun
Ceritanya begini, saya punya HP N70. Saya resmi membelinya di Saudi. Harganya 1150 Sar. Lengkap dengan invoice, garansi, buku guide, asesoris berikut kardusnya, kumplit deh.
Tapi entah kenapa, begitu mau di jual, ada orang bilang bahwa HP saya itu merupakan barang BM (Black Market).
Dia bilang hp saya itu termasuk black market karena tidak kena pajak. Lantas dia bilang kalau di jual di indonesia, barang tersebut akan dibeli dengan harga murah.
Kalau kenyataannya begini, rugi juga kalau saya punya barang-barang istimewa apalagi kalau harganya mahal. Karena tetap akan dianggap black market karena dibelinya diluar negeri sehingga tidak kena biaya pajak di Indonesia.
Padahal kalau dipikir-pikir, pas saya membeli, statusnya legal dan resmi, pasti juga ada pajaknya kan. Tapi jelas pajaknya bukan untuk negara Indonesia. Tapi untuk negara dimana hp itu saya beli.
Kasus ini membuat saya tertarik meneliti apa yang dimaksud dengan black market. Mungkin sebagai orang indonesia, saya menyebutnya pasar gelap (pasar poek), tapi jangan di identikan dengan pasar malam ya. J
Black market menurut pengertian versi wikipedia berikut ini.
All commerce on which applicable taxes are being evaded. The market includes not only legally-prihibited commerce (for example, drugs, prostitution, and gambling activities that are illegal in some locales), but also trade in legal goods and services because some income is not reported and consequently taxation is evaded.
Dari definisi diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa pasar gelap alias black market terletak pada transaksi jual beli yang dilakukan secara selundup-selundup agar terhindar dari pajak.
Tapi saya pikir, definisi diatas bagi saya masih terbuka bagi perspektif baru. Karena setiap definisi yang dibangun bisa bermuatan lokal dan sesuai konteks yang ada. Namun saya lebih membidik pada praktek penyelundupan dalam proses transaksi perniagaan.
Saya juga tidak tahu persis apakah Hp saya yang saya beli dari saudi termasuk kategori black market ketika hp itu akan di jual di indonesia, meskipun proses transaksinya transparant dengan bukti-bukti yang jelas?
Tapi black market kan seperti yang disebut pada definisi diatas, cakupannya sangat luas. Ia bisa berkaitan dengan penjualan narkoba, karena perniagaan ini dilarang oleh negara. Maka ketika perniagaan yang dilarang ini tetap berjalan, ia sudah termasuk black market.
Saya juga terus mengekplorasi black market ini ke wilayah lain. Wilayah itu adalah pengiriman tki ke luar negeri. Apakah betul pengiriman manusia besar-besaran sebagai babu ke luar negeri ini tidak termasuk black market?. Karena saya pikir, dalam prosesnya, praktek-praktek penyelundupan dan pemalsuan berkas-berkas dan data-data bisa saja terjadi.
Ternyata kalau dipikir-pikir, praktek black market ini terjadi hampir dimana-mana. Tapi kita sering gak sadar kalau itu punya kaitan dengan black market juga. Vcd bajakan, prostitusi, narkoba, adalah juga hal-hal yang sangat mudah terjadi pada pasar gelap. Apalagi kalau pasa gelap terjadi di pasar malam, wah…makin hebat saja tuh.
by ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar